WISUDA PERIODE I TAHUN 2021, FTKOM SUMBANG 160 SDM SIAP PAKAI

PALOPO – Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menggelar RAPAT SENAT TERBUKA DALAM RANGKA DIES NATALIS KE-54, WISUDA SARJANA PERIODE I TAHUN 2021 pada Sabtu 13 Maret 2021 secara daring/online melalui live Zoom dan streaming Youtube UNCP..

Pelaksanaan wisuda kali ini merupakan wisuda yang kedua kalinya diselenggarakan secara daring/online dikarenakan pandemi Covid-19 yang tidak memungkinkan dilaksanakan secara luring/offline. Pandemi Covid-19 memaksa kita agar dapat menerima berbagai perubahan dan beradaptasi terhadap kebiasaan-kebiasaan yang baru (new normal) termasuk pelaksanaan wisuda secara daring/online. Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sebagai lembaga pendidikan tentunya berkewajiban mendukung kebijakan pemerintah untuk menekan laju penyebaran Covid-19 khususnya di Kota Palopo.

Pada wisuda periode I ini, Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) mewisuda sebanyak 160 Sarjana Komputer (S.Kom). Rata-rata IPK lulusan program Sarjana mencapai 3,68 dengan rata-rata masa studi 4 tahun 6 bulan.

Melalui laporannya, Rektor UNCP menyampaikan “selamat atas kelulusan saudara dan selamat atas gelar akademik yang telah diraih sesuai dengan bidang ilmu yang ditempuh. Kepada orang tua dan keluarga wisudawan, terima kasih atas kepercayaan yang diamanahkan kepada Universitas Cokroaminoto Palopo sebagai kampus pilihan dalam melanjutkan pendidikan putra putri bapak dan ibu. Semoga para alumni dapat meniti kehidupan masa depan yang lebih baik.” Terangnya.

Lebih lanjut, Rektor UNCP menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya kepada bapak Kepala LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi atas dukungan yang diberikan kepada Universitas Cokroaminoto Palopo yang mendorong kampus ini semakin maju. Kemudian, beliau juga menyampaikan terima kasih kepada Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan melalui LLDIKTI Wilayah IX atas pemberian bantuan biaya kuliah satu semester sebanyak 2.327 mahasiswa UNCP dan beasiswa Bidikmisi/KIP Kuliah sebanyak 222 mahasiswa UNCP. “Kepada bapak Walikota Palopo, para mitra kerja dan seluruh pihak, kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan atas kerjasama yang baik dalam memajukan dunia pendidikan, khususnya di Kota Palopo.” Pungkasnya.

Kemudian, orasi ilmiah dibawakan oleh Prof. Dr. Mansur Ramly, S.E., M.Si., dengan tema “Strategi Perguruan Tinggi Menghadapi Radical Change Era” beliau adalah guru besar Fakultas Ekonomi Universitas Muslim Indonesia Makassar. Dalam pemaparan orasinya beliau menyampaikan sekaligus memberikan masukan bahwa ada 6 strategi yang perlu dikembangkan oleh PT dalam menghadapi era perubahan radikal yakni (1) Pembenahan kurikulum yaitu kurikulum harus dibenahi sesuai kebutuhan masa depan yang mampu menghasilkan outcomes seperti learning and innovation skill, information, media and technology skills dan life and career skills; (2) Sistem penyelenggaraan PT berbasis ICT maksudnya adalah pembelajaran dan layanan administrasi semua harus berbasis digital dengan kata lain berbasis online seperti yang sedang kita jalani saat ini; (3) Perbaikan mutu yang berkelanjutan dalam artian mutu harus terus berkembang mengalami perubahan-perubahan; (4) Adanya integrasi PT, keluarga dan masyarakat yang saling terpadu dengan baik; (5) Pergeseran paradigma sivitas akademika. Dalam hal ini bagi para dosen terkhusus dosen UNCP harus berubah yaitu mengajarkan kepada mahasiswa sesuatu yang berbeda lagi dari apa yang dipelajari dulu sewaktu mahasiswa dengan cara terus mencari informasi yang mutakhir untuk pembelajaran dan materi perkuliahan; (6) Berubah dari dalam artinya bahwa berani berubah meninggalkan zona nyaman menghadapi berbagai tantangan menuju keberhasilan/kesuksesan.

Sambutan pertama, mewakili Walikota Palopo bapak H. Muh. Samil Ilyas, S.E., M.Si., kepala BPKAD Kota Palopo, dalam sambutannya beliau menyampaikan saat ini kita masih berhadapan dengan pandemi Covid-19 yang telah merenggut begitu banyak nyawa manusia, merenggut kebebasan kita berkumpul dan membuat ekonomi dunia terpuruk. Maka marilah kita hadapi dan sikapi dengan ikhlas dan mengikuti protokol kesehatan agar pendemi ini segera berakhir. Disamping itu, beliau juga mengucapkan atas nama pemerintah kota Palopo selamat dan sukses kepada wisudawan/i UNCP atas gelar sarjana yang diraih, semoga menjadi berkah, amanah dan menjadi kebanggaan almamaternya. Sebagai penutup kepala BPKAD Kota Palopo berpesan kepada wisudawan/i agar terus belajar dan meningkatkan kemampuan diri serta berbuat yang terbaik bagi diri, keluarga dan masyarakat.

Sambutan selanjutnya, Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi (LLDIKTI) Wilayah IX Sulawesi, Prof. Dr. Jasruddin M.Si., menyampaikan penghargaan yang tulus dan terima kasih atas kerja keras dan pengorbanan para orang tua wisudawan/i sehingga putra putri kita dapat diwisuda hari ini. Beliau juga mengucapkan terima kasih atas kerja keras wisudawan/i sehingga pada hari ini dapat membuktikan bahwa Anda semua adalah putra putri yang memegang amanah keluarga. “Harapan saya semua alumni yang diwisuda hari ini harus memiliki kepercayaan diri yang tinggi, harus yakin dan percaya bahwa kompetensi telah dimiliki tinggal keberanian untuk bisa melangkah, bisa bermimpi untuk kemudian sukses di masa yang akan datang,” tegasnya. Mengakhiri sambutannya, kepala LLDIKTI Wil.IX Sulawesi menekankan kepada pimpinan perguruan tinggi bahwa kita harus menyesuaikan perguruan tinggi kita dengan kebutuhan hidup, mampu merencanakan untuk membangun Program Studi yang masih sangat dibutuhkan kini dan yang akan datang dan mampu menciptakan Program Studi-Program Studi yang baru sesuai dengan kebutuhan era, tuntutan era dan dengan sumber daya manusia yang kita miliki saat ini.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *