UNCP HADIRKAN GURU BESAR UMI PADA KULIAH PERDANA TAHUN AKADEMIK 2021/2022

PALOPO-Memasuki Semester Ganjil Tahun Akademik 2021/2022, Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) menggelar Kuliah Perdana yang dirangkaikan dengan Lepas Sambut Pertukaran Mahasiswa dalam Negeri Program Merdeka Belajar – Kampus Merdeka pada Sabtu 11 September 2021 dengan tema “Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) untuk Mewujudkan Transformasi Pendidikan di Era Digitalisasi.”

2.-KULIAH-PERDANA

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Rektor UNCP Dr. Ma’rufi, M.Pd., yang dihadiri oleh seluruh civitas academica UNCP. Dalam sambutannya, Rektor UNCP menyampaikan “Kepada ananda mahasiswa UNCP, selamat mengikuti kuliah perdana dan kepada mahasiswa program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri saya ucapkan selamat datang dan selamat bergabung di Universitas Cokroaminoto Palopo. Terima kasih telah memilih UNCP sebagai tujuan dalam program pertukaran mahasiswa, semoga bisa mendapat pengalaman baru nantinya. Kepada narasumber saya ucapkan terima kasih atas perkenannya untuk membawakan materi pada kuliah perdana ini. Kepada rekan-rekan dosen dan para mahasiswa UNCP yang mengikuti kuliah perdana ini di Zoom maupun YouTube UNCP, terima kasih atas kesediaannya mengikuti, semangat memasuki semester ganjil tahun akademik 2021/2022.”

3.-KULIAH-PERDANA
4.-KULIAH-PERDANA

Kuliah perdana ini menghadirkan narasumber yang merupakan Guru Besar Universitas Muslim Indonesia (UMI) Prof. Dr. Mansyur Ramly, S.E., M.Si., yang juga merupakan dosen Fakultas Ekonomi dan Bisnis UMI. Dalam pemaparan materinya beliau banyak-banyak membahas tentang Merdeka Belajar Kampus Merdeka. “Dengan adanya program MBKM ini, diharapkan mahasiswa mendapat pengalaman-pengalaman belajar yang tidak hanya ditempat belajar utamanya tetapi juga di tempat yang lain/perguruan tinggi yang lain.” Disamping itu, beliau lebih lanjut menyampaikan “telah terjadi perubahan/transformasi pembelajaran saat ini dari Self-Regulated Learning meliputi Pedagogy dan Andragogy menjadi Self-Directed Learning yakni Heutagogy (Mandiri), Peeragogy (Kolaborasi) dan Cybergogy (Daring/Online), karena kita sudah berada di era digitalisasi,” ucapnya.

5.-KULIAH-PERDANA

Untuk diketahui, berdasarkan laporan Koordinator MBKM UNCP Dr. Muhammad Ikram, M.Pd., melaporkan UNCP adalah salah satu perguruan tinggi yang saat ini mengimplementasikan program MBKM yang digalakkan oleh Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi. Adapun peserta program pertukaran mahasiswa merdeka dalam negeri di UNCP yakni (1) Mahasiswa PMM DN Inbound yang diterima di UNCP sebanyak 72 mahasiswa, 56 diantaranya melanjutkan untuk ikut program pertukaran ini dan berasal dari 20 perguruan tinggi yang berbeda, (2) Mahasiswa PMM DN Outbound yang belajar di luar UNCP sebanyak 72 mahasiswa yang tersebar ke 47 perguruan tinggi lain, (3) Mahasiswa yang memilih UNCP sebagai PT mitra sebanyak 7 mahasiswa dan terdapat 1 mata kuliah daring yang terpilih yang diampuh oleh 1 dosen, (4) Terpilih 4 dosen pembimbing modul nusantara, (5) Mata kuliah luring yang dipilih oleh mahasiswa outbound sebanyak 115 mata kuliah yang diampuh oleh 75 dosen.

6.-KULIAH-PERDANA

UNCP Beyond National Branding.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *