Tentang Fakultas

Posted by : Administrator
Share

A.      Dasar Pengembangan

1.      Tujuan Pendidikan Nasional

Eksistensi Pendidikan Nasional saat ini dan akan datang didasarkan pada pada paradigma membangun manusia Indonesia seutuhnya, yang berfungsi sebagai subyek, yang memiliki kapasitas untuk mengaktualisasikan potensi dan dimensi kemanusiaan secara optimal. Dimensi kemanusiaan itu mencakup tiga hal paling mendasar, yaitu (a) afektif yang tercermin pada kualitas keimanan, ketakwaan, akhlak mulia termasuk budi pekerti luhur serta kepribadian unggul, dan kompetensi estetis; (b) kognitif yang tercermin pada kapasitas pikir dan daya intelektualitas untuk menggali dan mengembangkan serta menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi; dan (c) psikomotorik yang tercermin pada kemampuan mengembangkan keterampilan teknis, kecakapan praktis, dan kompetensi kinestetis. Fokus pembangunan pendidikan nasional ke depan diarahkan untuk meningkatkan mutu dan daya saing SDM Indonesia pada era perekonomian berbasis pengetahuan (knowledge based economy) dan pembangunan ekonomi kreatif. Pendidikan merupakan proses sistematis untuk meningkatkan martabat manusia secara holistik, yang memungkinkan ketiga dimensi kemanusiaan paling elementer di atas dapat berkembang secara optimal. Dengan demikian, pendidikan seyogyanya menjadi wahana strategis bagi upaya mengembangkan segenap potensi individu, sehingga cita-cita membangun manusia Indonesia seutuhnya dapat tercapai.

Selain itu, pembangunan pendidikan nasional juga diarahkan untuk membangun karakter dan wawasan kebangsaan bagi peserta didik, yang menjadi landasan penting bagi upaya memelihara persatuan dan kesatuan bangsa dalam kerangka Negara Kesatuan Republik Indonesia. Oleh karena itu, upaya peningkatan akses masyarakat terhadap pendidikan yang lebih berkualitas merupakan mandat yang harus dilakukan bangsa Indonesia sesuai dengan tujuan negara Indonesia yang tertuang dalam Pembukaan UUD 1945 yaitu untuk melindungi segenap bangsa dan seluruh tumpah darah Indonesia, mencerdaskan kehidupan bangsa, memajukan kesejahteraan umum dan ikut melaksanakan ketertiban dunia yang berdasarkan kemerdekaan, perdamaian abadi dan keadilan sosial. Untuk maksud tersebut, maka Visi Pendidikan Nasional dan sesuai dengan Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional adalah : terwujudnya sistem pendidikan sebagai pranata sosial yang kuat dan berwibawa untuk memberdayakan semua warga negara Indonesia berkembang menjadi manusia yang berkualitas sehingga mampu dan proaktif menjawab tantangan zaman yang selalu berubah.

Untuk mewujudkan visi tersebut diatas, maka Tujuan Pendidikan Nasional menurut Undang-Undang Sisdiknas antara lain : a) Meningkatkan iman, takwa, dan akhlak mulia, b) Meningkatkan penguasaan ilmu pengetahuan dan teknologi, c) Meningkatkan sensitivitas dan kemampuan ekspresi estetis, d) Meningkatkan daya saing bangsa dengan menghasilkan lulusan yang mandiri, bermutu, terampil, ahli dan profesional, mampu belajar sepanjang hayat, serta memiliki kecakapan hidup yang dapat membantu dirinya dalam menghadapi berbagai tantangan dan perubahan, e) Meningkatkan kualitas pendidikan dengan tersedianya standar pendidikan nasional (SPN) dan standar pelayanan minimal (SPM), serta meningkatkan kualifikasi minimum dan sertifikasi bagi tenaga pendidik dan tenaga kependidikan lainnya, d) Meningkatkan relevansi pendidikan yang sesuai dengan kebutuhan pembangunan melalui peningkatan hasil penelitian, serta pengembangan dan penciptaan ilmu pengetahuan dan teknologi oleh perguruan tinggi serta penyebarluasan dan penerapannya pada masyarakat, e) Menata sistem pengaturan dan pengelolaan pendidikan yang semakin efisien, produktif, dan demokratis dalam suatu tata kelola yang baik dan akuntabel, f) Meningkatnya efisiensi dan efektifitas manajemen pelayanan pendidikan melalui peningkatan pelaksanaan manajemen berbasis sekolah, peran serta masyarakat dalam pembangunan pendidikan, serta efektivitas pelaksanaan otonomi dan desentralisasi pendidikan termasuk otonomi keilmuan, g) Meningkatkan profesionalisme dan akuntabilitas lembaga pendidikan dan pengelolaannya sebagai pusat pembudayaan ilmu pengetahuan, keterampilan, pengalaman, sikap, dan nilai berdasarkan standar nasional dan global, dan h) Memberdayakan peran serta masyarakat dalam penyelenggaraan pendidikan berdasarkan prinsip otonomi dalam konteks Negara Kesatuan RI.

2.  Dasar Hukum/ Yuridis

Dalam Pembukaan Undang-Undang Dasar (UUD) Negara Republik Indonesia Tahun 1945 dinyatakan bahwa salah satu tujuan Negara Republik Indonesia adalah mencerdaskan kehidupan bangsa. Pendidikan merupakan hak asasi setiap warga negara Indonesia dan untuk itu setiap warga negara Indonesia berhak memperoleh pendidikan yang bermutu sesuai dengan minat dan bakat yang dimilikinya tanpa memandang status sosial, ras, etnis, agama, dan gender. Pemerataan akses dan peningkatan mutu pendidikan akan membuat warga negara Indonesia memiliki kecakapan hidup (life skills) sehingga mendorong tegaknya pembangunan manusia seutuhnya serta masyarakat madani dan modern yang dijiwai nilai-nilai Pancasila. Berdasarkan amanah UUD tersebut, maka Fakultas Teknik Komputer menyusun suatu Rencana Strategis sebagai landasan filosofis dan operasional untuk turut serta dalam pembangunan pendidikan nasional. Adapun landasan hukum Renstra Fakultas Teknik Komputer 2011-2015 adalah:

1)    Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945

2)    Undang-Undang No. 17 Tahun 2003 tentang Keuangan Negara

3)    Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional

4)    Undang-Undang No. 25 Tahun 2004 tentang Sistem Perencanaan Pembangunan Nasional

5)    Undang-Undang No. 32 Tahun 2004 tentang Pemerintahan Daerah

6)    Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen

7)    Undang-Undang No. 17 Tahun 2007 tentang Rencana Pembangunan Jangka Panjang Nasional (RPJPN) 2005-2025

8)    Undang-Undang No. 9 Tahun 2009 tentang Badan Hukum Pendidikan

9)    Undang-Undang No. 25 Tahun 2009 tentang Pelayanan Publik

10) Rencana induk Pengembangan Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP)

11) Renstra Fakultas Teknik Komputer UNCP Tahun 2011-2015

B.     Eksistensi Pengembangan Fakultas

Bagi dunia pendidikan, perubahan politik, ekonomi, sosial, budaya, ilmu pengetahuan teknologi dan seni merupakan tantangan yang amat kompleks dan saling berkaitan. Dalam menghadapi tantangan global dan persaingan dunia kerja, tugas Fakultas Teknik Komputer Univesitas Cokroaminoto Palopo semakin berat karena selain harus memenuhi tuntutan lokal dan nasional, juga harus berusaha menghasilkan lulusan yang mampu bersaing di tingkat lokal dan regional. Oleh karena itu, Fakultas Teknik Komputer, selain harus mampu memberikan pelayanan pedagogik, keilmuan dan profesionalisme untuk memenuhi kebutuhan individu peserta didik, juga harus mampu memberikan pencerahan bagi kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Dalam upaya menghadapi tantangan tersebut, Fakultas Teknik Komputer harus mengembangkan rencana strategisnya untuk jangka waktu lima tahun, 2011-2015. Rencana tersebut disusun hasil-hasil Analisis Kekuatan, Kelemahan, Peluang dan Ancaman yang sedang dihadapi Fakultas Teknik Komputer. Selanjutnya, dikembangkan kebijakan, sasaran, strategi, program kerja, dan indikator kinerjanya dengan standar mutu nasional tanpa mengabaikan kemungkinan penerapan standar internasional.

Keseluruhan upaya pengembangan Fakultas Teknik Komputer itu bertumpu pada wawasan kebangsaan dan penghayatan terhadap kemajemukan budaya, dan landasan falsafah kehidupan kampus yang edukatif, ilmiah, dan religius.

  Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) sebagai salah satu fakultas yang dibina oleh Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) mengemban amanah untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi dengan berpedoman pada visi universitas, yakni “menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.” Dalam mengemban amanah tersebut, dibutuhkan tata kelola (good governance) yang baik pada setiap unit dan unsur pelaksana kegiatan akademik dan non akademik dalam lingkup UNCP. Sebagai upaya untuk menciptakan tata kelola yang dimaksud, perlu dilakukan evaluasi kinerja semua unsur pelaksana kegiatan, termasuk FTKOM. Hal ini merupakan wujud pertanggungjawaban dekan sebagai pimpinan fakultas kepada rektor sebagai penanggungjawab utama terhadap semua pelaksanaan kegiatan tridarma PT di UNCP yang telah dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan sejak tahun 2010

.  C. Gambaran Umum Fakultas

Dasar hukum penyenggaraan Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo (FTKOM) UNCP adalah SK Menteri Pendidikan Nasional No. 95/D/O/2005 tanggal 6 Juli 2005. FTKOM pada saat dibentuk sampai sekarang masih tetap membina satu program studi yaitu Program Studi Teknik Informatika dengan SK yang sama dengan Fakultas yaitu SK. No. 95/D/O/2005 tanggal 6 Juli 2005. Walau membina hanya satu program studi, telah dibentuk dua konsentrasi yaitu: rekayasa perangkat lunak dan jaringan komputer yang tercermin pada mata kuliah-mata kuliah pilihan yang disediakan pada semester dua dan empat serta bidang kajian tugas akhir mahasiswa.

SK perpanjangan izin operasional program studi Tekni Informatika terbit pada tanggal 4 Maret 2010 dengan Nomor: 1483/D/T/K-IX/2010. Program studi Teknik Informatika telah terakreditasi oleh BAN-PT dengan nomor: 02/BAN-PT/Ak-XIV/S1/X/2011 tertanggal 21 Oktober 2011.

D. Latar Belakang Fakultas Teknik Komputer

Fakultas Teknik Komputer (FTKOM) sebagai salah satu fakultas yang dibina oleh Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) mengemban amanah untuk melaksanakan tridarma perguruan tinggi dengan berpedoman pada visi universitas, yakni “menjadi perguruan tinggi yang unggul dalam menghasilkan dan mengembangkan ilmu pengetahuan, teknologi dan seni.” Dalam mengemban amanah tersebut, dibutuhkan tata kelola (good governance) yang baik pada setiap unit dan unsur pelaksana kegiatan akademik dan non akademik dalam lingkup UNCP. Sebagai upaya untuk menciptakan tata kelola yang dimaksud, perlu dilakukan evaluasi kinerja semua unsur pelaksana kegiatan, termasuk FTKOM. Hal ini merupakan wujud pertanggungjawaban dekan sebagai pimpinan fakultas kepada rektor sebagai penanggungjawab utama terhadap semua pelaksanaan kegiatan tridarma PT di UNCP yang telah dilaksanakan secara berkala dan berkesinambungan sejak tahun 2010