Peningkatan Mutu

Posted by : Administrator
Share

Sistem Penjaminan Mutu Fakultas

Universitas Cokroaminoto Palopo telah memiliki lembaga penjaminan mutu yang organisasinya mulai dari tingkat universitas yang anggotanya merupakan perwakilan dari program studi. Sistem penjaminan mutu tingkat Universitas dipimpin oleh seorang Ketua Lembaga Penjamin Mutu. Tugas pokok dari Ketua Lembaga Penjamin Mutu adalah membuat dokumen akademik (kebijakan akademik, standar akademik, peraturan akademik dan prosedur kerja) dan membuat dokumen mutu (manual mutu, prosedur mutu, instruksi kerja dan dokumen pendukung lainnya) dalam melaksanakan tugasnya selalu berkoordinasi dengan pihak rektorat. Penyusunan standar mutu akademik dan non akademik  yang disusun oleh LPM UNCP terangkum dalam keputusan Rektor Nomor  03/R/UNCP/II/2011 tentang SPMI UNCP.

Dokumen-dokumen mutu yang sudah dibuat meliputi dokumen sistem perekrutan mahasiswa baru, dokumen sistem perekrutan dosen, dokumen Pembimbing Akademik, dokumen sistem pengelolaan, dokumen pembuatan Laporan Praktek Dunia Kerja (PDK) sampai dengan dokumen wisuda. Pedoman-pedoman mutu yang dibuat oleh lembaga penjamin mutu sudah dilaksanakan dengan baik. Sedangkan pada Penjamin Mutu eksternal, Lembaga Penjamin Mutu menyiapkan dokumen-dokumen yang berhubungan dengan penilaian eksternal yaitu salah satunya adalah BAN-PT.

Sistem penjamin mutu yang dilaksanakan di fakultas sejalan dengan pengembangan sistem penjamin mutu ditingkat universitas. Sistem penjamin mutu secara internal di tingkat fakultas merupakan tanggungjawab ketua program studi  yang dikoordinir oleh pimpinan fakultas dan evaluasi dilakukan secara rutin dan berkesinambungan. Penjamin mutu yang dilakukan dengan menitikberatkan pada kajian kurikulum, monitoring dan evaluasi bagi mahasiswa dan dosen.

Secara internal penjamin mutu pada tingkat fakultas dengan cara perbaikan baik reveriew maupun revisi kurikulum dan penyusunan silabus, peningkatan kaulitas proses pengajaran serta dukungan sumber daya baik finansial, sarana dan prasarana maupun SDM.

Upaya Pengembangan

Upaya pengembangan pada fakultas dilakukan melalui beberapa program atau kegiatan yaitu: pemenuhan materi perkuliahan sesuai target yaitu 16 kali pertemuan/semester. Peningkatan metode pembelajaran (dari TCl ke SCL), perluasan materi perkuliahan yang diambil dari berbagai sumber, pelibatan mahasiswa dalam kegiatan penelitian dan pengabdian kepada masyarakat, serta peningkatan jumlah koleksi buku di perpustakaan terutama jurnal. Upaya lain yang dilakukan oleh fakultas untuk pengembang, antara lain: peningkatan mutu pembimbingan tugas akhir, perbaikan sistem penilaian hasil belajar, revisi kurikulum  yang berstandar KKNI disesuaikan dengan capaian pembelajaran dan kebutuhan dunia kerja serta pelibatan mahasiswa pada penelitian dan pengabdian kepada masyarakat melalui kegiatan-kegiatan seperti pelatihan, seminar, dan temu alumni dan tracer study

Upaya Peningkatan Mutu

Upaya peningkatan mutu lulusan FTKOM UNCP dilakukan melalui pengembangan kurikulum yang mengacu kepada standar KKNI, peningkatan mutu dan metode pembelajaran, peningkatan kualifikasi dosen, pemenuhan sarana dan prasaranan, serta peningkatan peran penasehat akademik. Selain itu peningkatan jumlah pemberian beasiswa dimana saat ini FTKOM mendapat kesempatan  sebagai penerima beasiswa Pemda, Dikti, Yayasan, Bank Mandiri dan penerimaan SPP gratis selama 1(satu) tahun dari Pemerintah Provinsi Sul-Sel. Peningkatan kualifikasi dosen dengan studi lanjut, peningkatan jumlah koleksi buku perpustakaan, peningkatan jumlah kerjasama dengan instansi pemerintah dan swasta sebagai tempat praktek dunia kerja, peningkatan kualitas laboratorium software dan hardware, pemenuhan kebutuhan sarana dan prasarana perkulihaan serta menetapkan bidang peminatan program studi berdasarkan stakeholder