Mahasiswa FTKOM UNCP Berpartisipasi Dalam Cloud Computing Bootcamp Di Makassar

Makassar-Memasuki revolusi indutri 4.0, penguasaan teknologi menjadi salah satu keharusan bagi suatu bangsa agar dapat bersaing dengan bangsa lain. Di era digital yang semakin massive, generasi milenial diharapkan mampu menjawab tantangan ini. Perguruan tinggi diharapkan mampu menjadi fasilitator para pemuda-pemudi untuk menguasai teknologi sehingga dapat mempersiapkan generasi milenial sebagai pelaku usaha industri digital.

Kementerian Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi (Kemenristekdikti) bekerja sama dengan Amazon Web Service (AWS) dan Universitas Hasanuddin menyelenggarakan kegiatan Cloud Computing Bootcamp yang diikuti oleh mahasiswa se LLDIKTI wilayah IX. Kegiatan ini berlangsung selama tiga hari di Auditorium Prof. Amiruddin UNHAS.

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sebagai salah satu kampus yang mendukung gerakan 1000 start up digital yang digaungkan oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia juga turut ambil bagian di bootcamp kali ini UNCP mengirim dua mahasiswa perwakilan yaitu Andi Dahri AS dan Titin Diyah Puspita serta seorang dosen pendamping bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si., dari Program Studi Teknik Informatika.

Dalam sambutannya, Kasubdit Pembelajaran Khusus Direktorat Pembelajaran Kemenristekdikti, Uwes A. Chaeruman mengatakan bahwa saat ini tugas mahasiswa lebih berat karena selain kemampuan akademik, mereka juga harus menguasai softskill yang lain untuk dapat bersaing di era industri digital.

Kegiatan cloud computing bootcamp ini bertujuan untuk memberikan bekal dasar bagi mahasiswa di bidang start up, sehingga menginspirasi mereka untuk menjadi technopreneur muda yang memanfaatkan data dalam menentukan segmen pasar. Dalam kegiatan ini pula, para mahasiswa dibekali dengan materi big data analysis sebagai literasi baru era 4.0.

Pelaksanaan bootcamp ini merupakan kegiatan yang kedua setelah sebelumnya dilaksanakan di Universitas Indonesia. Peserta yang hadir dalam kegiatan ini kurang lebih 100 orang dari berbagai universitas di wilayah LLDIKTI IX.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *