REKTOR UNCP KUKUHKAN 127 SARJANA KOMPUTER PADA WISUDA PERIODE III 2019, WISUDAWAN TERBAIK?

Jumat, 01 Nov 2019, 06:39:59 WIB - 27 View
REKTOR UNCP KUKUHKAN 127 SARJANA KOMPUTER PADA WISUDA PERIODE III 2019, WISUDAWAN TERBAIK?

SCC-Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) kembali menggelar pengukuhan wisudawan dalam acara Wisuda periode III tahun 2019 di Gedung Saodenrae Convention Center pada Senin, (28/10/2019).

Dalam kegiatan tersebut sebanyak 458 wisudawan terdiri dari 20 Magister Pendidikan Matematika dan 438 Sarjana dikukuhkan dalam Rapat Senat Terbuka Wisuda Sarjana periode III tahun 2019 yang dibuka oleh Ketua Senat UNCP Prof. Drs. Hanafie Mahtika, M.S., disaksikan langsung oleh Sekretaris Pelaksana Bapak Drs. Andi Lukman, M.Si., mewakili Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Walikota Palopo Dr. Ir. Rahmat Basri Bandaso, M.Si., para mitra, tamu undangan serta orang tua wisudawan.

Para alumni yang mengikuti prosesi wisuda berjumlah 458 orang dengan rincian 20 orang Magister Pendidikan Matematika, 220 orang Sarjana Pendidikan (S.Pd), 67 orang Sarjana Pertanian (S.P), 44 Sarjana Sains (S.Si) dan 127 Sarjana Komputer (S.Kom) dimana rata-rata IPK mencapai 3,57 dan  rata-rata lama studi 4 tahun 3 bulan. 

Wisudawan terbaik Program Magister Shandy Agung, S.Pd., M.Pd., Lis Sugianto, S.Pd., M.Pd., dan Awaluddin Makkaraka, S.Pd., M.Pd, ketiga lulusan terbaik program Magister ini memiliki IPK yang sama yaitu 3,98 masa studi sama juga 2 tahun dan ketiga lulusan magister ini juga lolos hibah penelitian tesis magister berupa dana penelitian dari Direktorat Riset dan Pengabdian Masyarakat Kemenristekdikti, sehingga kriteria untuk menentukan urutan wisudawan terbaik adalah publikasi. Wisudawan terbaik Program Magister diraih oleh Shandy Agung, artikel tesisnya telah diterima untuk dipublikasikan pada Jurnal Nasional Terakreditasi SINTA 3 yaitu Jurnal Matematika dan Pembelajaran.   

Wisudawan terbaik tingkat Universitas untuk Program Sarjana diraih oleh Melinda Masnur, S.Si., dengan IPK 3.95 dari Fakultas Sains Program Studi Biologi, wisudawan terbaik Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan diraih oleh Tamara Nisa Danmakasih, S.Pd., IPK 3,99 dari Program Studi Pendidikan Biologi, wisudawan terbaik Fakultas Pertanian diraih oleh Hasrul Abidin, S.P., IPK 3,86 dari Program Studi Agroteknologi. Wisudawan terbaik Fakultas Teknik Komputer Muhammad Irvan, S.Kom., dengan IPK 3,96 Program Studi Teknik Infomatika. 

Dalam sambutannya Rektor menyampaikan bahwa wisuda periode 3 tahun 2019 bertepatan dengan hari sumpah pemuda 28 Oktober 2019, sehingga Sumpah Pemuda dibacakan sebelum acara wisuda dimulai. Lebih lanjut Rektor menyampaikan ucapan selamat kepada seluruh wisudawan dan seluruh orang tua dan keluarga wisudawan. “selamat atas gelar akademik yang telah diraih oleh seluruh wisudawan yang berbahagia, semoga ilmu yang diperoleh dibangku perkuliahan mampu memberi perubahan bagi masyarakat, bangsa dan negara, serta ucapan terimakasih kami kepada seluruh orang tua wisudawan atas kepercayaan yang diamanhkan kepada Universitas Cokroaminoto Palopo sebagai kampus pilihan dalam melanjutkan pendidikan putra dan putri bapak dan ibu. Semoga para alumni dapat meniti kehidupan masa depan yang lebih baik. Ungkapnya.

Lebih lanjut, Rektor  mengungkapkan bahwa Universitas Cokroaminoto Palopo telah menggunakan Penomoran Ijazah Nasional (PIN) sejak maret 2018 , dan juga menyampaikan laporan kinerja hingga 2019 banyak prestasi yang ditorehkan oleh dosen dan mahasiswa.

Pada wisuda periode III tahun 2019 yang membawakan orasi ilmiah adalah Dr. Suaedi, M.Si., merupakan dosen Universitas Cokroaminoto Palopo, dalam orasi ilmiahnya mengangkat judul Pendidikan Bagi Generasi Milenial.

Mewakili Kepala Lembaga Layanan Pendidikan Tinggi Wilayah IX Sulawesi dan Gorontalo, Sekretaris Pelaksana Bapak Drs. Andi Lukman, M.Si., menyebutkan bahwa UNCP merupakan kampus swasta kedua terbaik di Sulawesi Selatan, dan juga menyampaikan sangat setuju jika pola pendidikan diubah. “Kita lihat saja Menteri yang dipilih oleh pak Jokowi, hampir semua dari kalangan milenial yang memanfaatkan daring tersebut, kita lihat saja gebrakan yang akan dilakukan Presiden Joko Widodo utamanya dalam pendidikan dengan memilih Mendikbud dari kalangan Milenial.

Sementara Walikota Palopo Dr. Ir. Masri Bandaso, M.Si., menyebutkan dalam menghadapi persaingan industri dan mengurangi angka pengangguran, Wakil Walikota Palopo, Dr Rahmat Masri Bandaso berharap kepada alumni Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) untuk berwirausaha. Tidak memiliki cita-cita menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS). Hal tersebut disampaikan oleh Wawali karena melihat peluang menjadi wirausahawan lebih menjanjikan ketimbang menjadi PNS, Ia berpesan kepada seluruh alumni untuk merubah pola pikirnya tersebut apabila ingin menjadi PNS dan meminta kepada alumni untuk senantiasa kreatifnya khususnya yang telah mempelajari teknologi dan komputer.