KONSENTRASI JARINGAN PRODI INFORMATIKA LAKSANAKAN WORKSHOP KEAMANAN SERVER

Senin, 30 Des 2019, 16:09:15 WIB - 130 View
KONSENTRASI JARINGAN PRODI INFORMATIKA LAKSANAKAN WORKSHOP KEAMANAN SERVER

UNCP-Peminatan Konsentrasi Jaringan Komputer Program Studi Informatika Fakultas Teknik Komputer sukses menyelenggarakan Workshop Keamanan Server di Laboratorium Jaringan Komputer Fakultas Teknik Komputer Universitas Cokroaminoto Palopo, Sabtu-Selasa (14-17 Desember 2019)

Ketua pelaksana kegiatan ini Bapak Siaulhak dan juga sebagai koordinator konsentrasi jaringan komputer, dalam sambutannya menyampaikan bahwa “kegiatan ini diikuti sebanyak 50 orang mahasiswa dan kegiatan seperti ini akan dilaksanakan setiap tahunnya”. Ungkapnya

Lebih lanjut menyampaikan kali ini pihak panitia menghadirkan salah satu expert di bidang networking, serta terlibat sebagai IT training and  consultant IT. Beliau adalah Bapak Robi Kasamuddin”

Sementara Dekan Fakultas Teknik Komputer Rusmala, S.Kom., M.Kom., sangat mengapresiasi kegiatan yang dilakukan oleh Konsentrasi Jaringan Komputer, serta kesediaan pemateri yang telah meluangkan waktunya untuk sharing ilmu pengetahuan khususnya di bidang keamanan server “terimaksih kepada panitia dan pemateri serta peserta yang mengikuti kegiatan ini, semoga kegiatan ini dapat memberikan tambahan ilmu bagi semua peserta dan juga menerapkannya dalam penelitian yang akan dilakukan oleh mahasiswa” ungkapnya.

Dalam pemaparan materi menjelaskan secara detail tentang bagaimana mengamankan server dari serangan para hacker. Materi yang sampaikan mulai dari bagaiamana cara mereka  masuk ke sistem sampai pada cara pencegahan dan penanggulannya.

Menurut beliau “jika ingin memberi keamanan kepada server maka kita terlebih dahulu harus mengetahui alur berfikir mereka, agar kita bisa melakukan tindakan preventif sebelum server yang dimiliki menjadi target para hacker”. Ungkapnya

Untuk memaksimalkan materi yang disampaikan, kegiatan dilakukan selama 4 hari yang dibagi kedalam 2 sesi yang setiap sesinya diikuti oleh 25 mahasiswa. Materi diisi dengan kegiatan mengambil alih website via vuln SQL Injection, hingga melakukan rooting terhadap server menggunakan Root Exploit yang diakses via Netcat.

Setelahnya kegiatan berlanjut dengan membangun server yang aman, mulai dari menginstal dan mengkonfigurasi SSH Server untuk SFTP Chrooting. Melakukan penginstalan dan konfigurasi BIND agar terhindar dari teknik zone transfer dan DNS amplification attack.

Melakukan instalasi dan konfigurasi APACHE agar bisa multi processing dan multiuser. Instalasi dan konfigurasi MySQL agar terhindar dari kegiatan Load File dan Into Outfile. Sealnutnya instalasi dan konfigurasi quota untuk membatasi kapasitas penyimpanan setiap user, serta konfigurasi IPTABLES untuk Stateful Firewall dan PORT KNOCKING.

Pada workshop selanjutnya akan diagendakan materi-materi yang berkaitan dengan keamanan server yang belum sempat disajikan. Perlu diketahui bahwa beliau juga merupakan salah satu alumni Universitas Cokroaminoto Palopo, Fakultas Teknik Komputer, Program Studi Teknik Informatika.