DOSEN FTKOM UNCP NARASUMBER PADA WORKSHOP PKM

Kamis, 26 Des 2019, 08:51:54 WIB - 42 View
DOSEN FTKOM UNCP NARASUMBER PADA WORKSHOP PKM

Makassar-PKM 5 Bidang Mahasiswa adalah ajang adu kreativitas nasional yang dikategorikan ke dalam 5 skema yaitu PKM Penelitian, Kewirausahaan, Pengabdian Kepada Masyarakat, Teknologi dan Karsa Cipta.

Dalam pelaksanaannya, tim yang terdiri dari kelompok mahasiswa dan dosen pendamping harus mengajukan proposal. Proposal tersebut ditujukan untuk mendapatkan bantuan pendanaan kegiatan yang diusulkan.Besaran bantuan yang dapat diberikan berkisar 5 juta hingga 12,5 juta rupiah untuk satu proposal kegiatan.

Tiap tahun, ada ribuan proposal yang didanai oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Dikti. UNCP sebagai salah satu universitas yang unggul dalam klasterisasi penelitian, melatih mahasiswanya untuk dapat mengajukan proposal kegiatan sehingga mendapatkan bantuan dana.

Terbukti, dalam beberapa tahun terakhir, dosen dan mahasiswanya selalu mendapatkan bantuan dana. Khusus untuk PKM 5 bidang, pada tahun 2019, UNCP meloloskan 6 proposal dimana jumlah ini menjadi yang terbanyak bagi kampus di luar Makassar.

Berbekal pengalaman pendanaan riset dan bantuan pendanaan lainnya, dosen Informatika UNCP, Bapak Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si., mendapatkan undangan untuk menjadi narasumber workshop PKM 5 Bidang yang diselenggarakan oleh Akademi Kebidanan Pelamonia Kesdam VII/Wirabuana di Makassar pada 18 Desember 2019.

Materi yang diberikan antara lain pengenalan PKM, tips dan trik untuk meloloskan proposal kegiatan, hingga cara submit proposal.

Kegiatan ini pun mendapat sambutan hangat dari penanggung jawab kegiatan kemahasiswaan di kampus tersebut yakni Ibu Asyima, S.ST., M.Kes., M.Keb., yang mengganggap bahwa kegiatan ini harus dilakukan lebih sering agar dapat melatih kompetensi mahasiswa dalam menulis.

Selain itu, kegiatan ini pun diharapkan mampu menginspirasi mahasiswa untuk mengusulkan proposal dengan jumlah yang lebih banyak sehingga peluang untuk mendapatkan pendanaan juga lebih besar.