PUSAT KARIR UNCP PERSIAPKAN MAHASISWA & ALUMNI MEMASUKI DUNIA KERJA MELALUI CAREER DAY & JOB FAIR

Universitas Cokroaminoto Palopo (UNCP) sukses menggelar kegiatan Career Day & Job Fair 2020 dengan tema “What Career Path Do You Want to Take?” pada tanggal 11 Januari 2020 pekan lalu. Kegiatan ini merupakan salah satu program yang akan secara rutin dilaksanakan oleh Pusat Karir UNCP untuk memfasilitasi, mempersiapkan, dan menjembatani para mahasiswa dan lulusan UNCP untuk merencanakan karir sesuai dengan passion dan keterampilan yang dimiliki.

Kegiatan job fair sendiri dilaksanakan secara internal dengan mempertemukan para pencari kerja yang dalam hal ini mahasiswa tingkat akhir dan lulusan UNCP dengan para penyedia kerja. Perusahaan mitra yang hadir berjumlah 5 perusahaan dan kegiatan job fair ini mengambil tempat di pelataran rektorat kampus 1 UNCP. Kegiatan ini disambut antusias oleh ratusan peserta yang hadir. Terlihat, bukan hanya mahasiswa tingkat akhir dan lulusan yang memadati kegiatan tapi juga mahasiswa baru yang ingin mengetahui proses perekrutan hingga persyaratan agar dapat mempersiapkan diri sedini mungkin.

Selain job fair, Pusat Karir UNCP atau yang lebih dikenal dengan UNCP Career Center juga mengadakan Career Day. Kegiatan ini berupa seminar yang telah diadakan dua kali. Kegiatan ini menghadirkan 3 narasumber utama yaitu ketua Asosiasi Dosen Indonesia Tana Luwu yakni Dr. Suaedi, M.Si., yang membawakan materi tentang persiapan karir bagi generasi milenial. Materi ini menekankan pentingnya mahasiswa sekarang melihat tantangan di masa depan agar dapat mempersiapkan diri sedini mungkin untuk akrab dengan keputusan berbasis data dan coding.

Narasumber kedua yakni Bobby Poerwanto, S.Pd., M.Si selaku ketua Pusat Karir UNCP membawakan materi mengenai peluang dan tantangan mendapatkan beasiswa studi lanjut. Selama 4 tahun melaksanakan pelacakan lulusan (tracer study), persentase lulusan UNCP yang melanjutkan studi selalu di bawah 10%, padahal saat ini ada beragam beasiswa yang ditawarkan baik oleh pemerintah ataupun swasta. Materi kedua ini memaparkan mengenai beasiswa yang tersedia serta strategi dan perlunya persiapan Bahasa Inggris sedini mungkin Bahasa Inggris saat ini menjadi sangat penting bagi mahasiswa yang tertarik mendaftar beasiswa karena banyak lulusan yang mempunyai kompetensi pada bidang ilmu yang ditekuni namun bermasalah dalam Bahasa Inggris padahal kebanyakan penyedia beasiswa mempersyaratkan Bahasa Inggris untuk mendaftar.

Adapun untuk narasumber terakhir merupakan youtuber yang telah mendapatkan Silver Play Button yang berasal dari Walenrang yang juga merupakan alumni dari prodi Informatika UNCP yaitu Ermi Sangkala, S.Kom., berbagi tips dan trik dalam memanfaatkan platform youtube untuk menjadi content creator. “Ke depannya, kegiatan ini akan menjadi kegiatan rutin yang akan dilaksanakan oleh Pusat Karir UNCP, dengan harapan mahasiswa ketika di semester akhir telah mempunyai perencanaan karir yang matang,” ungkap ketua panitia ketika ditemui.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *